Jumat, 29 Juni 2012

Tentang Panda




Panda adalah harta nasional di China dan karena itu dilindungi oleh hukum. Ini beruang unik yang telah lama dicintai oleh masyarakat karena sangat menggemaskan, dan dapat ditemukan dalam kesenian Tiongkok Kuno sejak ribuan tahun.
Orang-orang China memanggil panda kesayangan mereka "beruang besar-kucing."
Orang-orang di luar China telah terpesona oleh panda raksasa sejak mereka pertama kali diterangkan oleh misionaris Prancis Armand Pere David pada tahun 1869. Sekarang, lebih dari 100 tahun kemudian, seluruh dunia pecinta panda telah bergabung dengan upaya-upaya internasional untuk mencegah mereka dari kepunahan.
Bertahun-tahun para ilmuwan telah bertanya-tanya apakah panda adalah beruang, musang, atau semua dalam kelompok mereka sendiri.
Melalui mempelajari kode genetik (DNA) dalam sel panda, para ilmuwan telah mengkonfirmasikan hubungan panda dengan beruang. Panda raksasa penampilannya mirip dengan beruang lain pada umumnya, cara mereka berjalan dan memanjat, dan karakteristik tengkorak mereka. Sangat penting untuk mengetahui tentang panda serta beruang, karena semakin kita tahu tentang panda, semakin baik kita dapat membantu mereka berkembang biak dan bertahan hidup.
Panda hanya seukuran sebatang mentega saat lahir, tanpa bulu dan tak bertenaga. Bayi panda yang baru lahir semua putih. Ibu Panda memberikan perhatian besar pada bayi mungilnya, biasanya menggendong dengan satu kaki dan memegang dekat ke dadanya. Selama beberapa hari setelah lahir, ibu panda tidak meninggalkan sarangnya, bahkan untuk makan atau minum!
 Si Anak panda itu membuka mata saat berusia 50 sampai 60 hari. Lalu dalam waktu 10 minggu anaknya mulai merangkak. Giginya tumbuh pada saat berusia 14 minggu. Ibu dan anaknya menghabiskan waktunya lebih banyak didalam sarangnya. Sampai 21 minggu, anaknya dapat berjalan cukup baik. Pada saat ini, anaknya mulai bermain dengan ibunya dan pada usia tujuh sampai 9 bulan mulai mencoba untuk makan bambu. Si anak panda terus dirawat sampai usia sekitar 18 bulan. Pada saat ini, ibunya siap untuk melepaskan anaknya mandiri sehingga ia dapat mempersiapkan diri untuk anaknya berikutnya.
Namun, meski perhatian yang mereka didapatkan dari ibu mereka, panda muda banyak yang tidak bertahan. Melalui program-program perkembang biakan di China dan kebun binatang lain di seluruh dunia, kita belajar lebih banyak tentang perawatan anak panda dan bagaimana membantu mereka mencapai usia dewasa.

Suara panda

 Panda mengeluarkan suara mengembik mirip dengan suara domba atau anak kambing. Suaranya yang  ramah, bernada memberikan salam. Mereka tidak meraung,  Anda pikir mereka meraung seperti beruang coklat, tapi mereka lebih terdengar mengembik. Mereka kadang-kadang gusar, menggeram, dan menjerit parau. 

Bambu adalah makanan dan tempat tinggal 

Bambu merupakan tanaman yang paling penting dalam kehidupan panda. Panda hidup di hutan bambu pada cuaca dingin dan hujan tinggi di pegunungan China bagian barat. Mereka menghabiskan setidaknya 12 jam setiap hari makan bambu. Karena bambu sangat rendah nutrisi, panda makan sebanyak 38 kilogram setiap hari. Panda memegang batang bambu dengan lima jari mereka dan cara khusus, kemudian menggunakan gigi mereka untuk melepas lapisan luar yang sulit untuk mendapatkan jaringan dalam yang lunak.  Tulang rahang yang kuat dan otot pipi panda membantu menghancurkan dan mengunyah batang-batang yang tebal dengan giginya yang juga kokoh. Selain batang, panda juga sangat suka daun bambu. Anak panda juga telah dikenalkan untuk makan rumput, umbi, buah-buahan, beberapa serangga, dan bahkan tikus dan bangkai. Di kebun binatang, selain makan bambu, ternyata ia juga suka wortel, ubi, dan biskuit aroma daun khusus yang terbuat dari gandum dan dikemas dengan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan panda.
Jarak rata-rata sarang panda sekitar 5 kilometer persegi, dengan jarak laki-laki lebih besar dari betina. Di wilayah di mana makanan tidak banyak, kisaran jaraknya dapat lebih besar.
Jika tanaman bambu mencapai kematangan, bambu mekar bunganya dan menghasilkan biji, dan bambu dewasa mati. Benih tumbuh perlahan-lahan menjadi tanaman yang cukup besar bagi panda untuk makan. Anak panda bisa makan 25 jenis bambu yang berbeda, tetapi mereka biasanya hanya makan 4 atau 5 jenis yang tumbuh di sekitar sarang mereka. Hal yang tidak biasa tentang bambu adalah bahwa semua jenis tumbuhan dari satu spesies yang tumbuh di daerah yang akan mekar dan mati pada saat yang sama. Ketika tanaman mati, panda pindah ke daerah lain. Tapi sekarang, dengan manusia mengekploitasi alam dan menyingkirkan habitat panda, panda sering tidak dapat pindah ke daerah lain dan mungkin menghadapi kelaparan. (Erabaru/snd)



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar